Pencipta Roket Pertama AS Robert H Goddard Selalu Diremehkan Sepanjang hidupnya

Membahas tentang teknologi yang sangat maju saat ini tentunya kalian juga ingin mengetahui asal mulanya bisa tercipta. Teknologi tercipta di dunia kita tentu saja kita manusia yang menciptakannya,tidak mungkin semua itu terjadi dengan sendirinya.

Pencipta Roket Pertama AS Robert H Goddard Selalu Diremehkan

Nah, disini saya akan menjelaskan tentang awal mula teknologi itu tercipta oleh seorang yang bernama Robert H Goddard. Dia adalah seorang ilmuan yang berasal dari Amerika Serikat dan disebut sebagai pencipta roket pertama AS. Sepanjang hidup Robert ini ia tidak pernah diakui dan selalu saja diremehkan oleh pemerintahan dalam experimen yang dilakukannya. Namun itu tidak membuatnya putus asa, melainkan ia terus berkarya dalam mengembangkan penemuannya.

Robert memang hanyalah seorang anak petani yang berasal dari Worcester dan lahir pada tahun 1882 oleh kedua orang tuanya. Semasa kecilnya yang suka sakit-sakita ini membuat Robert senang mempelajari sains tentang langit. Dengan tekadnya yang kuat ini membuatnya terus belajar hingga menjadi sarjana, dan diteruskan dengan gelar doktor di perguruan tinggi Clark pada tahun 1991. Kegigihannya itu terus berlanjut hingga ia mendapatkan beasiswa untuk bisa melakukan penelitian pada universitas Princeton.

Lihat Artikel Tentang Desain Ruangan Rumah Berdasarkan Feng Shui Para Ahli

Walau Goddard sang pencipta roket ini awalnya tidak mempunyai panduan, tapi tetap saja bertekad mempelajari tentang atmosfer suhu tinggi dan tekanan pada luar angkasa. Hal ini memang penting tapi untuk bisa mengetahui dengan lebih jelas maka Goddard terpaksa melakukan experimen meluncurkan roket terlebih dahulu. Kesulitannya tidak sampai disana, ia kehabisan dana dalam melakukan risetnya, dan itu hampir membuatnya terpuruk. Tidak lama karena keberuntungannya itu Goddard berhasil membujuk Smithsonian Institution untuk mendukung penelitiannya.

Robert H Goddard

Karya besar pertama kalinya ia tuliskan dengan judul A Method Of Reaching Extreme altitudes dan diterbitkan oleh Smithsonian pada tahun 1919. Buku ini bertuliskan tentang bagaimana caranya akan mengangkat beban ke atmosfer yang lebih tinggi yaitu menggunakan roket. Untuk pertama kalinya Goddard meluncurkan roket yang dibuatnya pada tahun 1926 dari tempat ketinggian dan hanya mencapai 12 meter selama 2.5 detik.

Setelah itu barulah masuk ke langkah pembuatan parasut untuk menjaga muatan roket agar tidak rusak ketika jatuh ke tanah. Goddard terus melangkah kedepan agar mendapaat pengakuan dari pemerintah AS, tapi pada akhirnya ia berpindah Roswell Mexiko dengan beberapa dukungan disana dalam penelitian roketnya.

Bisa dibilang hampir sepanjang hidup Goddard ini tidak dihormari oleh negaranya, tapi warisan yang ditinggalkannya ini sangat berarti sekali. Pada akhir hayatnya Robert H Goddard mendapatkan 214 hak paten untuk karyanya, dan didirikan juga Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.